Tue, 2 April 2013

PetaPolitik.Com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyurati Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar menugasi Menteri BUMN Dahlan Iskan memenuhi undangan rapat dengan Komisi IX DPR. Menurut Wakil Ketua DPR Pramono Anung, surat sudah dikirimkan hari ini, Selasa, 2 April 2013.

“Ini untuk meneruskan permintaan pimpinan Komisi IX,” kata Pramono.

Pramono menambahkan, permintaan sebenarnya bukan hanya dari Komisi DPR yang mengurusi kesehatan dan ketenagakerjaan itu. Komisi VII yang membidangi energi dan Komisi XI yang mengurusi keuangan dan perbankan juga minta.

“Ini menjadi catatan bagi parlemen terhadap Menteri BUMN. Hari ini akan diserahkan surat kepada presiden.Intinya kita akan memanggil paksa melalui presiden,” ujar dia.

Apabila tetap tidak bisa dihadirkan, kata Pram, maka DPR akan menggunakan mekanisme sesuai aturan yang ada akan dijalankan oleh pimpinan DPR.

“Kita beritikad baik bahwa apa yang akan disampaikan pimpinan DPR ke presiden itu akan dipenuhi. Masak pembantu presiden tak mendengarkan juragannya,” kata Pram.

Mengenai surat ke presiden itu, kata Pram, tidak ada satupun pimpinan yang menolak untuk memanggil paksa Dahlan Iskan. “Tidak ada satu pun pimpinan DPR yang menolak, semua bulat,” ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Komisi IX Ribka Tjiptaning dalam rapat paripurna tadi pagi, mengatakan bahwa komisinya meminta kepada pimpinan DPR untuk memanggil paksa Dahlan Iskan.

“Saya meminta bantuan, karena komisi IX sudah kehilangan akal kami sudah memanggil tiga kali, pimpinan DPR dan saya dan teman-teman sudah menunggu di depan rumahnya kabur juga. Jadi sekarang Dahlan sudah jadi buron DPR dan buruh. Jadi kami minta panggil paksa sesuai UU MD3,” ujar dia. [bnt]

Berita Terkait :

  1. DPR Bakal Panggil Paksa Dahlan Iskan
  2. BK DPR Bakal Panggil Dahlan Iskan Lagi
  3. BK DPR Kembali Terima Surat Dahlan Iskan

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment