Krisis Kesehatan Menyangkut Masyarakat Luas Tanpa Pandang Bulu

0
223
Ilustrasi Pandemi Covid-19 (Foto Freepik.com)

Petapolitik – Pandemi besar seperti yang kita alami sekarang adalah peristiwa yang sangat jarang sekali, kadang 1 kali dalam satu abad bahkan 1 kali dalam 2-3 abad.

Peristiwa pandemi besar terakhir adalah satu abad yg lalu, tepatnya tahun 1918-1921, yaitu flu Spanyol, yang diperkirakan membunuh lebih dari 50 juta penduduk dunia.

Indonesia, sebagai negara belum ada waktu itu. Jadi peristiwa pandemi sekarang adalah pertama kali kita alami sejak negara republik ini terbentuk. Para pemimpin sekarang pun belumlah punya pengalaman menghadapi peristiwa yang tidak terduga ini. Bahkan para ilmuwan pun masih belajar bagaimana mengatasi virus covid 19 yang pintar dan bermutasi ini.

Berbeda dgn krisis keuangan yang kita alami pada tahun tahun sebelumnya, krisis kesehatan ini menyangkut masyarakat luas tanpa terkecuali dan tidak pandang bulu.

Jika pada saat terjadi krisis keuangan peran pemerintah sangatlah dominan. Namun pada saat pandemi ini, peranan pemerintah jauh berkurang dan peranan masyarakat dan komunitas-lah yang sangat dominan. Karena inang dari pandemi covid 19 adalah manusia nya sendiri. Jika manusia nya mau disiplin, menerapkan prokes, maka virus covid 19 akan mati sendiri alias tdk akan menularkan ke orang dan masyarakat lain.

Pemerintah tetap harus didepan dan ambil tanggung jawab besar, namun tidak kalah pentingnya tanggung jawab masyarakat dan komunitas. Bahkan para pemimpin masyarakat, tokoh budaya dan agama, media dan ilmuwan ikut berperan dan bertanggung jawab untuk bersama sama melawan dan menaklukkan virus covid 19 ini.

Tampil sendiri sendiri tidak akan berhasil. Kebersamaan semua pihak melawan virus ini adalah resep paling baik.

Oleh karena itu mari kita semua saling membantu dan mengambil peran melawan nya. Tidak saling menyalahkan atau melempar tanggung jawab.

Sangatlah mudah diingat bahwa, menjaga dan sayang terhadap kesehatan sendiri (menjauhkan diri dari covid 19) berarti sayang keluarga, sayang komunitas dan sayang bangsa.

Salam sehat dan tetap semangat.

Raden Pardede
Sekertaris eksekutif Komite penanganan covid dan pemulihan ekonomi nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here