Sun, 19 February 2012

PetaPolitik.Com – Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei nasional terbaru mengenai “Perubahan Politik 2014 : Trend Sentimen Pemilih pada Partai Politik” di Jakarta, Minggu (19/2). Survei diadakan pada 1-12 Februari 2012 di 33 provinsi Indonesia.

Dalam survei, Partai Demokrat mengalami penurunan signifikan dalam elektabilitas partai. Dimana survei LSI menyebutkan, jika pemilu diadakan sekarang maka partai atau calon dari partai yang akan dipilih masih menempatkan Golkar, Demokrat, dan PDIP di urutan atas.

Hasilnya menakjubkan dimana pemilih akan memilih Partai Golkar 15,5 persen, Demokrat 13,7 persen, PDIP 13,6 persen, Gerindra 4,9 persen, PPP 4,9 persen, PKB 4,6 persen, PKS 3,7 persen, Hanura 1,2 persen, partai lainnya 1,2 persen.

Sisanya belum tahu akan memilih partai apa justru jumlahnya lebih besar yakni 28,9 persen (undecided voters).

“Yang menarik elektabilitas Demokrat turun signifikan dibandingkan pada pemilu 2009 kemarin dari 21 persen dan dengan sentimen politik tinggal 13,7 persen,” kata Peneliti LSI Burhanuddin Muhtadi.

Sementara dukungan untuk Golkar dan PDIP tidak menunjukkan perubahan berarti tetap di angka sekitar margin of error hasil pemilu.

“Kita cek performa partai lain tidak mampu mengambil penurunan elektabilitas Demokrat,” ujarnya.

Dikatakan partai-partai menengah juga tidak mengalami perubahan berarti masing-masing tetap di sekitar angka hasil pemilu kecuali pada Hanura dan PKS yang mengalami penurunan suara berarti pada survei terakhir.

“Untuk sementara ada indikasi bahwa sebagian besar partai mengalami kemandegan dukungan pemilih dan sebagian yang lain mengalami penurunan,” ujarnya.

Dijelaskan belum ada partai yang mengalami kemajuan secara konsisten pascapemilu 2009. Ini disebabkan refleksi dari sentimen negatif pemilih pada kondisi politik nasional sekarang.

Terlihat masih banyak yang belum menentukan pilihan dan kalaupun sudah memilik maka banyak di antara mereka yang merasa belum yakin dengan pilihannya.[tb/lur]

Sumber: tribunnews

Berita Terkait :

  1. Demokrat Incar 30 Persen Suara di Pemilu 2014
  2. Ical: Hasil Survei Bukan Jaminan
  3. Angie Siap Terima Putusan Partai Demokrat

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment