Mon, 5 May 2014

Petapolitik.com – Bakal capres PDI Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi sejumlah pesantren di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Manuver tersebut dinilai pengamat sebagai upaya merebut suara pemilih Islam.

“Langkah itu diambil sebagai antisipasi apabila attacking campaign tentang yang meragukan keIslaman Jokowi muncul kembali seperti pada pilgub Jakarta 2012,” ujar pengamat Founding Fathers House (FFH), Dian Permata, Minggu (5/4).

Jokowi mulai merekrut tokoh muslim berpengaruh seperti Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa. Langkah itu dinilai untuk meredam isu ke-Islam-an Jokowi yang masih diragukan.

Selain itu, Jokowi terlihat ingin fokus untuk memenangkan pemilih di Pulau Jawa. 50 persen dari jumlah pemilih nasional itu terkonsentrasi di Jawa.

“Maka tidak heran apabila Jokowi sangat fokus menggarap suara di Jawa dengan berbagai cara,” tutur Dian.

Jokowi melakukan kunjungan ke sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur pada Sabtu dan Minggu (4-5/5).  Jokowi akan terus melaksanakan kegiatan silaturahmi ke tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah di Yogyakarta, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Jokowi sudah menemui Mantan Ketua PP Muhammadiyah Ahmad Syafi’i Maarif kemudian adik Presiden Abdurrahman Wahid, Solahuddin Wahid, Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH Abdul Aziz Manshur, Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Beberapa pondok pesantren yang akan dikunjungi Jokowi diantaranya Giri Kusumo, pimpinan KH Munif Zuhri di Demak, PonPes Al-Anwar, pimpinan KH Maemun Zubair di Rembang dan PonPes Alfadllu pimpinan KH Dimyati Rois di Kendal Semarang. [Ak]

Berita Terkait :

  1. Mahfud MD Capres Favorit Pilihan Warga Jatim
  2. Tiga Kriteria Calon Pendamping Jokowi
  3. PDI-P Umumkan Cawapres Jokowi 9 Mei Nanti

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment