Sun, 21 April 2013

PetaPolitik.Com – Partai Hanura akhirnya menyerahkan daftar calon sementara (DCS) ke KPU, Minggu (21/4). Ketua Umum Partai Hanura Wiranto optimis Hanura akan menduduki posisi minimal tiga besar dalam pemilu legislatif 2014.

“Target kami paling tidak masuk tiga besar. Akumulasi jumlah kursi DPR pusat, dan daerah sudah kami tentukan berdasarkan satu proses evaluasi yang cukup rasional,” kata Wiranto di kantor KPU pusat, Jakarta.

Optimisme itu, lanjut Wiranto, berdasarkan kualitas dan kuantitas caleg Hanura yang membaik dibanding pemilihan sebelumnya.  Sebanyak 560 bacaleg untuk DPR, telah diseleksi dengan rangkaian yang panjang.

Dari total pendaftar yang mencapai 1.656 dilakukan tes yang berorientasi pada kualitas, integritas, dan kompetensi masing-masing bacaleg. Sehingga dilahirkan komposisi bacaleg yang terdiri laki-laki 376 orang, dan 184 calon perempuan.

Latar belakang pendidikan didominasi lulusan D3 hingga S3. Dengan rincian, lulusan lima persen dari D3, lulusan S1 sebanyak 48 persen, S2 mencapai 28 persen, dan sembilan persen tamatan S3. Yang paling mencolok, kata Wiranto, sebagian besar bacaleg diisi oleh politisi-politisi muda.

“Jadi selain calon perempuan sampai 36 persen dari persyaratan 30 persen, 50 persen usianya antara 40 hingga 50 tahun,” ungkap Wiranto.

Dengan kualitas dan barisan kekuatan tersebut, Partai Hanura juga akan meningkatkan basis suara pada lumbung-lumbung kekuatannya. Partai Hanura, lanjut Wiranto, memiliki basis cukup besar di Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara.

Namun, dengan bertambahnya kekuatan dari parpol-parpol yang bergabung, kekuatan Hanura disebut Wiranto merata di seluruh Indonesia.[bnt]

Berita Terkait :

  1. Hanura Usung Wiranto Jadi Capres 2014
  2. DPC Hanura Nunukan Dukung Wiranto Nyapres
  3. Hanura kembali Capreskan Wiranto?

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment