Mon, 14 July 2014

Petapolitik.com – Komisi I DPR RI memanggil pihak redaksi Radio Republik Indonesia (RRI) karena melakukan hitung cepat perolehan suara pada Pemilu Presiden. Menurut Amir Efendi Siregar, Ketua Pemantau Regulasi Media yang berbasis di Jogja, RRI berhak melakukan hitung cepat.

“RRI sah melakukan itu (hitung cepat),” ucapnya, Senin (14/7).

Karena hitung cepat RRI dilaksanakan oleh Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) untuk mendukung pemberitaan. Amir mengatakan berdasarkan aturan yang ada penelitian atau pun survei dari Litbang media diperbolehkan selama itu sebagai pendukung pemberitaan. Sehingga pelaksanaan hitung cepat oleh RRI meski lembaga negara, dianggap sah. Lagipula pada saat Pemilu Legislatif RRI juga sudah melakukan hitung cepat.

“Penelitian bisa dilakukan oleh semua media untuk dukung pemberitaan. Apalagi RRI jaringannya luar biasa sampai ke daerah,” jelasnya.

Pemanggilan RRI oleh DPR RI juga disesalkan Peneliti dari Medialink Ahmad Faisol. Ia menilai sepanjang hitung cepat RRI dilakukan dengan metodologi dan kaidah yang benar, tak ada masalah. Meski dibiayai negara, menurutnya RRI tetap berhak menghitung hasil Pilpres.

“Langkah Komisi I ini sebenarnya sangat kita sesalkan. Kita kan bisa minta mereka pertanggungjawabkan hasilnya. Komisi I dan Komisi Penyiaran bisa lakukan audit pada metodologi yang dipakai RRI,” tutur dia.

Sementara, Dandhy Dwi Laksono dari Divisi Penyiaran Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) menilai jurnalisme di indonesia sejak lama hanya berupa talking journalism atau jurnalisme omong-omong. Begitu tradisi jurnalisme data dan investigasi muncul, menurutnya banyak pihak yang gelagapan.

“Karena sudah terlalu lama dengan talking journalism kita jadi gelagapan. Ini tidak boleh dimundurkan oleh pemerintah,” ucapnya. [Trg]

Berita Terkait :

  1. LKBN Antara dan RRI Paling Kredibel Lakukan Quick Count
  2. JK Optimis Hasil Quick Count Mendekati Real Count
  3. PKS Hentikan Hasil Quick Count

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment