Sat, 7 June 2014

Pesawat R-80

Petapolitik.com – Calon presiden Prabowo Subianto menjanjikan kebangkitan industri dirgantara Indonesia jika terpilih. Menurutnya Indonesia mempunyai potensi besar dan terbuka untuk mengembangkan industri tersebut.

“Kita harus punya, mobil, motor, kereta, kapal laut, dan pesawat buatan sendiri. Buatan dalam negeri, kita sanggup dan bisa,” ujar Prabowo Subianto, Sabtu (7/6).

Untuk merealisasikan itu, Prabowo akan merangkul semua pihak, terutama Presiden RI ketiga BJ Habibie. Mantan Danjen Kopasus ini mengaku sudah bertemu Habibie untuk membangun kembali pesawat buatan dalam negeri.

“PT Dirgantara Indonesia punya rencana. Saya dengar juga Pak Habibie sedang menyiapkan pembuatan pesawat lagi. Ini bagus untuk kita. Kita harus dorong dan sinkronkan semua, agar semua bisa terealisasi. Ini untuk kebutuhan negara, kebutuhan bangsa,” tuturnya.

Selama ini, menurut Prabowo, Industri tersebut dikuasai oleh negara-negara barat, seperti Eropa dan Amerika. Indonesia harus seperti China yang mampu membangun industri kedirgantaraanya sendiri.

BJ Habibie bertekad membuat pesawat R-80 mengudara pada 2017, pesawat itu dibuat PT Dirgantara Indonesia. Pesawat R-80 merupakan pengembangan dari pesawat N-250 yang dibuat Habibie pada 1996. Tapi pesawat ini dihentikan produksinya saat krisis ekonomi 1997. [Ak]

Berita Terkait :

  1. Titiek Soeharto Janji Hidupkan Kelompencapir
  2. Prabowo Janji Perbaiki Nasib Guru di Indonesia
  3. Prabowo Janji Perbaiki Kualitas Polisi Indonesia

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment