Tue, 8 July 2014

Petapolitik.com – Pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa berencana melaporkan mesin pencari Google pada pihak berwajib jelang pilpres 2014. Sejumlah iklan di Google dinilai menyudutkan pasangan yang diusung koalisi Merah Putih ini.

Sekretaris Tim Pemenangan Nasional pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Fadli Zon akan melakukan investigasi lebih lanjut terkait munculnya iklan di jejaring sosial Google yang mendiskreditkan Prabowo.

“Kita akan pelajari, kalau ada intervensi pihak asing tentu jelas sebuah pelanggaran,” ungkapnya kepada awak media di Jakarta, Senin, (7/7) malam.

Sebab, dalam peraturan iklan Google menegaskan mereka tidak menerima segala bentuk iklan dan konten yang berhubungan dengan politik. Namun, faktanya Google mempersilakan pemasangan iklan yang mendukung Jokowi dan mendiskreditkan Prabowo.

“Cara-cara itu tidak sehat, kalau terpenuhi unsur hukum akan kita tuntut terutama di internet,” tambahnya.

Dalam peraturan periklanan, Google menegaskan “The promotion of political candidates and political parties isn’t allowed to target Indonesia.”, peraturan tersebut bisa dilihat pada tautan berikuthttps://support.google.com/adwordspolicy/answer/1310914?hl=en. Namun ternyata iklan yang mendukung capres Joko Widodo santer beredar di situs-situs ternama seperti di Youtube.

Terkait munculnya iklan ini, koalisi merah putih pun sudah mempertanyakan kepada Google namun belum mendapatkan klarifikasi yang jelas. Mereka beralasan hanya sebagai marketing bussines semata.

“Inilah bentuk keberpihakan Google terhadap Jokowi, bahkan ketika pihak Gerindra bertanya kepada perwakilan Google Indonesia, apa alasan mereka melakukan hal tersebut. Mereka tidak bisa menjawab dan berdalih dengan mengatakan mereka hanya bagian penjualan,”katanya. [Ak]

Berita Terkait :

  1. Prabowo-Hatta Cari Dukungan Duta Besar di Jakarta
  2. Hashim Janji Naikkan Elektabilitas Prabowo-Hatta
  3. Syarif: Visi Misi Prabowo-Hatta Cocok Dengan Demokrat

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment