Tue, 31 July 2012

PetaPolitik.Com – Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo bertemu dengan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad di Mabes Polri Jakarta Selatan, Selasa (31/7).

Abraham Samad yang datang bersama pimpinan KPK lainnya Bambang Widjojanto tiba di Mabes Polri sekitar pukul 14.30 WIB dan selesai sekitar pukul 15.30 WIB dan berbicara tentang penanganan kasus dugaan korupsi di Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri yang melilit mantan Korlantas Irjen Pol Djoko Susilo.

“Tujuan kita ke sini untuk membangun kerjasama, tadi kapolri menyampaikan ada ide, gagasan, niat, kalau dari hasil pengembangan perkara ini kita akan join investigasi. Kita ada kesepakatan bahwa masalah DS tetap ditangani KPK. Kepolisian menangani PPK (Pejabat Pembuat Komitmen)-nya,” papar Ketua KPK Abraham Samad di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Alasan dilakukan join investigasi dalam kasus tersebut dikarenakan Kepolisian masuk penyidikan tetapi tersangkanya berbeda. “Kalau polisi tersangkanya PPK. Kalau KPK tetap tangani DS (Djoko Susilo). Kita saling menghargai, menghormati. Polri tetap penyidikannya begitu pula KPK,” ungkapnya.

Menyangkut pertemuan tersebut, KPK dan Polri pun membicarakan mengenai barang bukti dan sebagainya termasuk masalah MoU. “Tadi sudah ada kesepakatan, barang bukti dibawa KPK untuk diverifikasi. Nanti, yang dibutuhkan polri dikembalikan,” ucap Abraham.

Setelah menggeledah gedung Korps Lalu Lintas Polri dini hari tadi, Selasa (31/7), KPK langsung mengumumkan bahwa Irjen Pol Djoko Susilo telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi pengadaan simulator kemudi motor dan mobil di lembaganya pada tahun anggaran 2011.

KPK meningkatkan status mantan Kepala Korps Lalu Lintas Polri tersebut sejak sejak 27 juli 2012 dengan dugaan melakukan penyalanhgunaan wewenang.

Atas tindakannya Djoko Susilo disangkakan dengan Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).[lur]

Berita Terkait :

  1. Polri Harus Relakan Djoko Susilo Diperiksa KPK
  2. KPK Belum Berani Sentuh Korupsi di TNI/Polri
  3. Bukti Bail Out Century Dibawa ke KPK

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment