Mon, 19 May 2014

Petapolitik.com – Lagi-lagi, deklarasi capres-cawapres yang dilakukan oleh Joko Widodo dan Jusuf Kalla melanggar peraturan pemerintah. Pasalnya, Gedung Joeang yang dipilih oleh Jokowi sebagai tempat mendeklarasikan pencapresannya bukanlah milik partai manapun. Melainkan aset milik Pemprov DKI Jakarta yang tidak boleh digunakan sebagai kegiatan politik apapun. Apalagi museum ini adalah cagar budaya yang bebas dari tekanan politik manapun.

Salah satu pengurus Museum Joeang 45 ini yang enggan disebutkan namanya mengaku sangat kaget dengan tindakan Jokowi. Dari penjelasannya diketahui bila Jokowi tidak melibatkan satu pun pihak dari museum peninggalan Belanda ini.

“Kami tidak dilibatkan, kami hanya melihat dari kantor saja,” katanya.

Jokowi dan Jusuf Kalla kata penjaga ini tidak membayar sepeserpun biaya sewa museum ini. Pasalnya, pengelolaan museum gedung joeang 45 dibawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Gimana mau nyewa, kan ini dibawah dinas pariwisata juga. Masa pak Jokowi nyewa gedung ini,” tuturnya.

Staff Dewan Harian Nasional 45, Martini juga mengungkapkan hal yang sama. Namun Martini tidak mau berkomentar panjang mengenai perihal pencapresan Jokowi di Gedung Joeang.

“Saya ngga tau. Ga disewain kok. Mungkin pimpinan yang tau hal itu,” tuturnya.

Selain kaget dengan keputusan Jokowi memilih Gedung Joeang, Martini mengaku tidak menyiapkan apapun untuk menyambut Jokowi. Termasuk tidak ikut serta memasang panggung berkarpet merah di halaman belakang Gedung Joeang.

“Kaget, saya juga taunya dari televisi. Kami pokoknya ngga tau apa-apa dan tidak ikut terlibat,” pungkasnya.

Sementara itu Jokowi mengatakan bila dirinya yang memutuskan memilih Gedung Joeang sebagai tempat mendeklarasikan diri sebagai capres bersama cawapresnya, Jusuf Kalla.

“Saya (yang memilih) dan mengumumkan karena saya memang sudah diberi mandat penuh,” ujar Jokowi.

Ini merupakan kesalahan deklarasi kedua yang Jokowi lakukan. Sebelumnya, Jokowi juga menggunakan cagar budaya Pemprov DKI, Rumah Si Pitung, Marunda, Jakarta Utara sebagai tempat mendeklarasikan diri sebagai capres yang diusung PDIP 14 Maret 2014 lalu. [Trg]

Berita Terkait :

  1. Akhirnya Deklarasi Jokowi-Jusuf Kalla di Gedung Joeang
  2. Jokowi Pilih Gedung Joeang untuk Deklarasi Cawapres
  3. Jokowi Tak Lagi Berani Gunakan Istilah ‘Menang Tebal’

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment