Tue, 7 August 2012

PetaPolitik.Com – Partai Amanat Nasional (PAN) mendukung langkah Panwaslu untuk menindak lanjuti aduan tentang isu Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA) dalam Pilgub DKI 2012 ini. Seperti yang dilakukan Panwaslu terhadap Raja Dangdut Rhoma Irama sebagai terlapor dalam dugaan pelanggaran SARA.

“Kita mendukung kalau ada aduan tentang SARA. Harus diproses saja supaya kita tidak sibuk menduga motif dan lainnya, seperti yang tertangkap tangan Bang Rhoma kemarin. Ya silahkan saja, nanti tinggal dilihat melanggar atau tidak,” ujar ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto disela acara buka puasa bersama di rumah dinas Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan Jalan Denpasar, Jakarta Selatan, Senin (6/8).

Menurut Bima, masyarakat harus hati-hati dalam mengartikan isu SARA. Belum tentu jika ada seseorang yang menyampaikan jejak rekam calon tertentu dapat dikatakan pernyataan SARA. Namun menurutnya, jika ada orang yang menyampaikan hasutan, fitnah dan provokasi, itu jelas di larang.

“Jadi kita harus hati-hati mendefinisikan isu SARA sebenarnya. Apakah kalau kita menyampaikan rekam jejak A itu merupakan SARA? Kan belum tentu. Tapi kalau ada provokasi, hasutan, fitnah, kampanye negatif, itu kan tidak boleh. Harus dibedakan kampanye negatif dan mana sebenarnya memaparkan rekam jejak dan karakter kandidat,” jelasnya.

Meski demikian, Bima mengakui jika isu SARA tersebut beredar dalam masa Pilguib DKI 2012 ini, meski tidak diketahui siapa orang yang pertama kali menggulirkan isu tersebut. “Kita lihat sendiri nyatanya di lapangan memang ada, tapi kita tidak tahu siapa yang melemparnya,” katanya.

Dia pun mengaku, PAN mendukung Fauzi Bowo (Foke), komitmen untuk melakukan kampanye yang sehat, tanpa menyebarkan isu yang sensitif tersebut. “PAN di Foke ini komitmen untuk tidak isu SARA. Kita ingin kampanye sehat,” katanya.[dtk/lur]

Berita Terkait :

  1. Soal Spanduk SARA Ini Pernyataan Resmi Tim Jokowi-Basuki
  2. Dukung Foke, PAN Main Dua Kaki
  3. Mabes Polri Belum Terima Laporan Arya Bima soal EGM

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment