Sat, 29 September 2012

PetaPolitik.Com – Sikap mengakui kekalahan yang ditunjukkan Fauzi Bowo dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta mendapat apresiasi dari Jokowi. Foke disebut Jokowi sebagai sosok negarawan sejati.

“Saya berharap dapat belajar banyak dari Foke dalam memimpin Kota Jakarta,” kata Jokowi saat mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sabtu (29/9).

Jokowi optimistis Foke sangat legowo menerima rekapitulasi suara sehingga tidak berniat akan melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menggugat hasil Pilgub DKI putaran kedua.

“Beliau sangat negarawan dan sportif sekali. Saya yakin tidak ada gugat-gugatan terhadap hasil pemilukada ini. Saya sudah lihat sendiri bagaimana sikap beliau menerima hasil pemilukada ini. Mudah-mudahan dengan suasana sportif dan damai yang sudah dibangun ini tetap terjaga dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi DKI Jakata, Dahliah Umar mengatakan, pihaknya telah mengumumkan penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI terpilih yakni pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama.

Namun, berdasarkan ketentuan yang berlaku, bagi pihak pasangan calon lainnya yang merasakan keberatan terhadap hasil tersebut, KPU Provinsi DKI memberikan waktu untuk melakukan gugatan ke MK terhitung mulai 1 hingga 3 Oktober.

“Kalau ternyata ada yang mengajukan gugatan, ya terpaksa pelantikan gubernur akan diundur hingga dikeluarkan keputusan MK. Biasanya, MK diberikan waktu 14 hari kerja untuk menyelesaikan masalah gugatan tersebut. Selama pelantikan mundur, maka akan ada pejabat sementara gubernur hingga pelantikan dilaksanakan,” ujarnya.[bnt]

Berita Terkait :

  1. Sah, Jokowi Gubernur Baru DKI Jakarta
  2. Bang Yos: Foke Sulit Kejar Jokowi
  3. Jokowi Ahok Unggul di Pondok Indah

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment