Fri, 4 July 2014

Petapolitik.com – Lembaga survei Indonesia Network Elections Survey (INES) menyebutkan elektabilitas pasangan capres cawapres nomor urut 1 Prabowo-Hatta tembus di angka 54,3 persen.

Berbeda dengan pasangan Jokowi-JK, INES justru melansir eletabilitas capres cawapres nomor urut 2 ini terjun bebas ke angka 37,6 persen.

“Kami kira harapan masyarakat ada di dalam diri Prabowo. Karena dengan bermodalkan jiwa kepemimpinan yang kuat diaharapkan mampu mengatasi berbagai masalah di negara ini,” ujar Direktur Ekselutive INES Sudrajar Saca Sawitra saat ditemui di Jalan Cut Mutia, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (4/7).

Alasan mengapa masyarakat lebih memilih Prabowo adalah karena sikap responsive pasangan itu yang dianggap cepat. Sementara Jokowi dianggap lamban dan cenderung melupakan persoalan.

“Prabowo dianggap sudah dididik bersikap tegas dan mampu memutuskan dalam situasi sulit apapun. Berbeda dengan Jokowi yang dinilai responden lamban dalam menyelesaikan permasalahan bahkan cenderung tidak pernah tuntas,” tutur dia.

Selain itu, tugas Jokowi sebagai gubernur di Jakarta pun dianggap belum tuntas. Program seperti kampung deret, penataan pasar Tanah Abang, penataan waduk yang kesemuanya masih menyisakan persoalan bagi masyarakat Jakarta.

“Apalagi Jusuf Kalla yang usianya sudah menginjak 73 tahun dinilai akan sangat lamban untuk bisa menghadapi problematika bangsa yang semakin kompoleks,” ucapnya.

Lembaga ini melakukan survei terhadap 7.000 orang. Wawancara dilakukan dengan sistem tatap muka. Satu pewawancara bertugas untuk satu desa atau kelurahan yang terdiri dari  dari 10 responden, survey dilakukan melalui teknik wawancara mendalam.

6.929 jumlah sampel ini diperkirakan confidential interval plus 1,31 persen dan minus 1,31 persen. Dan tingkat kepercayaannya mencapai angka 95 persen. [Trg]

Berita Terkait :

  1. Elektabilitas Jokowi Terus Menurun, Prabowo Melesat
  2. LSI Rilis Jokowi-JK Hanya Unggul 4 Persen Dari Prabowo-Hatta
  3. Survey INES: Elektabilitas Prabowo Terus Meningkat

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment