Sat, 5 November 2011

PetaPolitik.com – Ternyata indeks pembangunan manusia terjemahan dari Human Development Index (HDI) Indonesia saat ini masih berada di urutan buncit negara-negara pendiri ASEAN.

Data HDI paling mutakhir tahun 2011 melaporkan bahwa indonesia berada di urutan 124 di antara 187 negara yang disurvey.

Untuk negara-negara kawasan Asia Tenggara Indonesia hanya lebih baik dari Vietnam yang menduduki peringkat 128, Laos 138, Kamboja 139 dan Myanmar 149. Sisanya indonesia ada di urutan enam setelah Singapura di urutan pertama dengan rangking 26 dunia. Disusul Brunei urutan 33, Malaysia 61, Thailand 103 dan Philipina di tempat kelima dengan peringkat 112 dunia.

Menurut Revrisond Baswir, Dosen Ekonomi dari Universitas Gadjah mada angka ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia yang banyak dibilang luar biasa, tidak menyentuh dasar kesejahteraan masyarakat. Naiknya pertumbuhan ekonomi ternyata tidak serta merta meningkatkan indeks pembangunan manusia indonesia, karena indeks ini menilai pembangunan ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia berdasarkan tingkat pendidikan yang berkualitas dan layanan kesehatan yang memadai dan juga berkualitas.

Salah satu yang membuat indeks pembangunan manusia Indonesia tidak beranjak naik, menurut Revrisond Baswir adalah pembangunan ekonomi yang terpusat hanya di pulau Jawa saja. Tentu saja ini mencipatkan adanya kesenjangan dengan daerah-daerah yang lain. Jumlah penduduk Indonesia yang terbesar di kawasan Asean juga turut menambah kerumitan dalam pengukuran Indeks pembangunan manusia.

Sebagaimana diketahui angka pertumbuhan ekonomi Indonesia di ASEAN sebenarnya ada di peringkat 3 dari 5 negara pendiri. Yang pertama masih dipegang Singapura dengan angka 6,73%, kemudian Malaysia 6,15%, Indonesia 5,16%, Thailand 5,02%, sedang Philipina 3,79%.

Sebenarnya dalam report HDI 2011 angka indeks HDI Indonesia naik dari 0,613 di tahun 2010 menjadi 0,617 tahun 2011. Tetapi negara-negara lain malah melejit sehingga Indonesia harus turun dari peringkat 108 tahun lalu menuju 124 tahun ini. (djio)

Berita Terkait :

  1. Indonesia Negara Terkorup Keempat Dunia
  2. ASEAN Sepakat Bentuk Institut Rekonsiliasi
  3. UU Intelijen Negara: Antara Terang dan Gelap

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment