Sat, 5 July 2014

Petapolitik.com – Peristiwa pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 1998 tidak ada hubungannya dengan Letjen (Purn) Prabowo Subianto.

Justru, Panglima ABRI saat itu, Jenderal Wiranto yang kini menjabat Ketua Umum Partai Hanura pendukung Jokowi-JK, adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam peristiwa berdarah tersebut.

“Tidak ada keterlibatan Prabowo di kerusuhan Mei. Kerusuhan itu terjadi tanggal 12 Mei mahasiswa ditembak. Pak Prabowo berusaha memenangkan tapi kemudian dijadikan sebagai kambing hitam,” ujar Sekretaris Tim Kampanye Nasional Prabowo-Hatta, Fadli Zon, dalam acara “Kenapa Prabowo” di FX Plaza, Jakarta, Sabtu (5/7).

Selain itu, Fadli mengingatkan bila Wiranto saat menjabat sbagai Panglima ABRI sengaja mmbiarkan kerusuhan Mei 98 yang berujung pada timbulnya korban meninggal. Karena sebagai panglima tertinggi saat itu, Wiranto tidak mengambil kebijakan apapun untuk mengamankan kondisi dalam negeri. Justru Wiranto membawa para jenderal untuk mengadakan rapat di Malang.

“Pak Wiranto sebagai Panglima ABRI waktu itu membawa jenderal-jenderal ini untuk rapat yang tidak penting di Malang. Semua jenderal dan marinir ikut rapat di malang. Panglima TNI membiarkan kerusuhan Mei merajalela. Dan siapa memetik keuntungan? Prabowo hanya menjadi korban fitnah,” katanya.

Selain itu, Fadli juga mengungkapkan bahwa Wiranto sengaja memfitnah Prabowo. Saat itu, selaku pimpinan Kopassus, Prabowo langsung mengamankan kediaman mantan Presiden RI Habibie yang saat itu terpilih sebagai presiden menggantikan Soeharto. Tugas itu sebenarnya standar operasional Kopassus. Namun Wiranto justru memfitnah Prabowo.

“Saya saksi hidup, Prabowo berangkat dari rumahnya mengucapkan selamat kepada Pak Habibie. Dan 20 menit kemudian Wiranto datang dan bilang ada pasukan yang mengepung rumah Habibie. Padahal itu pasukan Kopassus yang dipindahkan dari rumah Soeharto ke rumah Habibie. Standar operasional,” jelas Fadli. [Trg]

Berita Terkait :

  1. Mantan KSAD : Soal HAM, Wiranto Paling Bertanggung Jawab
  2. Soal Surat DKP, Wiranto Janji Akan Bicara
  3. Prabowo Enggan Tanggapi Wiranto

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment