Sat, 24 March 2012

PetaPolitik.Com – Calon Wakil gubernur DKI Jakarta dari PDIP-Gerindra, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, ternyata sejak kecil penggemar dangdut.

“Dari kecil sejak SMP dan SMA, saya sukanya lagu dangdut. Kalau di kampung saya, namanya madut,” kata Ahok ketika temu kader Gerindra di Mal Thamrin City Jakarta, Sabtu (24/3).

Pria kelahiran Manggar, Belitung Timur, 29 Juni 1966 mengaku sampai sekarang tetap suka dangdut. Dia menceritakan pengalaman masa kecilnya di Belitung. Ahok ingat pernah suatu waktu film layar tancap Raja Dangdut Rhoma Irama akan diputar di kota.

Karena transportasi ke kota sulit, Ahok bersama kawan-kawannya memilih menumpang truk.

“Kami tahan truk lalu naik bareng-bareng pergi nonton,” ungkapnya.

Dikutip dari Wikipedia, Ahok adalah anggota komisi II DPR RI periode 2009-2014 dari Partai Golkar. Namun, seiring pencalonnanya sebagai wagubm Ahok mundur sebagai wakil rakyat.

Ahok sebelumnya menjabat sebagai bupati Belitung Timur periode 2005-2010. Ia merupakan etnis Tionghoa pertama yang menjadi bupati Kabupaten Belitung Timur.

Ahok dikenal memiliki keinginan kuat dan kepedulian besar terhadap kesejahteraan rakyat. Masyarakat di Bangka-Belitung menyapa putra pertama dari Alm Indra Tjahaja Purnama (Zhong Kim Nam) dan Buniarti Ningsing (Bun Nen Caw) dengan panggilan ‘Koh Ahok’.

Semangat nasionalisme warga keturunan Tionghoa (berdialek Hakka/Kejia), tumbuh seiring didikan keluarga yang ditanamkan sejak kecil.

Teman-teman terdekatnya menjulukinya ‘minoritas ganda’. Sebagian waktunya banyak difokuskan untuk membela kepentingan rakyat.

Pria yang memiliki nama Tionghoa, Zhong Wan Xie, memiliki seorang istri bernama Veronica ST (kelahiran Medan, Sumatera Utara, 6 September 1977), dan dikaruniai tiga anak, yakni Nicholas (1998), Nathania (2001), dan Daud Albeenner (2006).

Masa kecil Ahok lebih banyak dihabiskan di Desa Gantung, Kecamatan Gantung, salah satu kecamatan di Kabupaten Belitung Timur, bersama kedua orangtua dan ketiga adiknya, hingga selesai menamatkan SLTP.

Setamat SLTP, Ahok melanjutkan sekolahnya di Jakarta. Meski begitu, Ahok selalu berlibur ke kampung halaman sesuai pesan almarhum ayahnya,

Nasihat ini diikuti oleh Ahok dan adik-adiknya, yakni Dr Basuri T Purnama (dokter PNS dan Bupati di Kabupaten Belitung Timur), Fifi Lety SH LLM (praktisi hukum), serta Harry Basuki MBA (praktisi dan konsultan bidang pariwisata dan perhotelan).

Karena itu, setelah menyelesaikan studi, mereka pulang untuk berbakti dan berkarya di kampung halamannya.[tb/lur]

Berita Terkait :

  1. Basis Massa Jokowi & Ahok, dari Masyarakat Bawah & Etnis Tionghoa
  2. Gerindra: Jokowi-Ahok Merakyat
  3. Pertanggungjawaban ala Ahok

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment