Wed, 25 June 2014

Petapolitik – Ternyata, hingga saat ini Kepala Unit Pelaksana Taman Monas Firdaus belum memberi keterangan apapun kepada Pemprov DKI Jakarta terkait aksi kampanye yang dilakukan oleh calon presiden nomor urut 2 Joko Widodo di Monas dan Bundaran Hotel Indonesia pada Minggu (22/6) lalu.

“Dia (Firdaus) nggak jawab apapun ke aku,” ujar Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (25/6).

Ahok mengakui ia memang kurang mengetahui apa isi Surat Keputusan (SK) Gubernur Nomor 1389/07.17 tertanggal 18 Juli 2008 tentang Lokasi-lokasi Larangan Pemasangan Alat Peraga Kampanye dan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Nomor 39 Tahun 2013 Tentang Ketentuan Lokasi Kampanye dan Pemasangan Alat Peraga Kampanye di DKI Jakarta pada Pemilu 2014. Namun yang apsti ia mengaku paham betul bila area Monas dan Bundaran Hotel Indonesia memang area terlarang untuk digunakan sebagai tempat kampanye.

“Nggak tahu (isi SK itu) tapi yang aku tahu daerah itu daerah steril yang nggak boleh dipakai untuk kampanye,” jelas Ahok.

Namun Ahok tak memungkiri bila saat Pemilukada 2012 lalu, KPUD DKI mengizinkan deklarasi Pilkada Damai di Monas yang dihadiri oleh pasangan Jokowi-Ahok dan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

“Cuma waktu dulu disana (Monas) kami kampanye damai, KPUD yang buat disitu,” katanya.

Kembali Ahok sampaikan bila Jokowi tidak tahu menahu soal aksi kampanye yang Jokowi dan relawan merah putih lakukan di Monas dan Bundaran HI. Karena pihak tim sukses Jokowi tidak melaporkan apapun kepada Pemprov DKI Jakarta.

“Kata UP Monas waktu mereka ngajuin izin nggak ada tulisan itu ( Spanduk Gerak Jalan Revolusi Mental Bersama Joko Widodo). Aku juga nggak nyangka Pak Jokowi ada disitu pagi-pagi,” tandasnya.

Jokowi, kemarin (Minggu, 23/6) mengadakan kegiatan kampanye di pelataran Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat. Di sana, tim sukses Jokowi memasang panggung besar dengan foto Jokowi-JK bertulisakan ‘Gerak Jalan Revolusi Mental Bersama Joko Widodo’.

Tak hanya itu, Jokowi juga memanfaatkan momen Car Free Day (CFD) dengan acara ‘Gerak Jalan Revolusi Mental’ dari Monas menuju Bundaran Hotel Indonesia dan kembali ke Monas. [Trg]

Berita Terkait :

  1. KPU DKI: Monas dan Bundaran HI Kawasan dilarang Kampanye
  2. Ahok Jamin Dana Kampanye Halal
  3. Ahok Berharap Jokowi Kembali Jadi Gubernur DKI

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment