Wed, 9 July 2014

Petapolitik.com – Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyayangkan sikap dua pasang capres cawapres yang saling mengklaim menjadi pemenang Pilpres. Menurut Basuki, ketimbang sibuk saling klaim dan menimbulkan kericuhan di masyarakat, alangkah baiknya bila masing-masing pasangan menunggu hasil keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Lebih baik jangan saling klaim begitu. Tunggu KPU saja,” ujar Basuki alias Ahok di kediamannya, Komplek Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Rabu (9/7).

Mantan Bupati Belitung Timur ini menginatkan bahwa perbedaan hasil hitung cepat yang tipis dapat menimbulkan konflik di masyarakat. Apalagi masing-masing capres mengklaim menang.

“Beda tipis ini bahaya, hitung cepat bisa eror 2-3 persen. Potensi konflik bisa saja terjadi kalau kedua orang itu tidak ada yang mau ngalah. Harusnya menunggu hasil KPU. Baru kali ini Pilpres saling mengklaim,” ujar Ahok lagi.

Sistem klaim sepihak seperti ini kata Ahok bisa merugikan pasangan capres lainnya. Sebagai contoh ia menunjukkan bagaimana ia dicurangi saat Pilkada di Bangka Belitung memperebutkan kursi gubernur.

“Aku dulu dicurangi dengan sistem klaim duluan pas Pilkada Babel. Klaim mengklaim itu sebenarnya dilarang UU. Cara kuno ala australia saja, melapor langsung ke KPU,” imbuhnya.

Namun secara pribadi, Ahok mengaku kaget dengan perubahan sikap Jokowi di Pilpres 2014 ini. Ia mengaku heran mengapa Jokowi bisa melakukan pengumuman seperti itu tanpa menunggu keputusan dari KPU. Karena saat bertarung di Pilkada DKI 2012 lalu, Jokowi tidak mau mengklaim atau mengumumkan kemenangan seperti itu.

“Banyak orang ngomong jokowi beda waktu datang ke Jakarta. Jarang Jokowi ngomong begini, padahal dulu Pak Jokowi bilang kita tunggu hasil KPU, ini baru quick count kan katanya. Statemennya beda,” imbuhnya. [Trg]

Berita Terkait :

  1. Ahok: Prabowo Beri Saya Mandat Bekerja di Jakarta
  2. Ahok Tegaskan Tidak Akan Khianati Prabowo
  3. Ahok: Hasil Survei PKS Kurang Lihai

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment