Fri, 20 May 2011

PetaPolitik.Com – Terkait dengan laporan Front Pemuda Babel ke Badan Kehormatan DPR RI atas pernyataan anggota Komisi II DPR RI, Basuki T. Purnama yang menurut penilaian mereka terlalu kasar dan kurang pantas diucapkan seorang anggota DPR RI.

Basuki yang akrab dipanggil Ahok dalam pernyataannya menyatakan bahwa pangkal semua persoalan ini bermula pada saat dirinya sedang melaksanakan rangkaian kegiatan kunjungan kerja pribadi sebagai anggota DPR RI pada masa reses persidangan lalu.

Dalam pernyataanya anggota DPR dari fraksi Partai Golkar ini mengungkapkan bahwa pada kunjungan kerja di daerah pemilihannya Bangka Belitung dirinya mengeluarkan pernyataan yang cukup keras mengenai bahaya kerusakan lingkungan yang ditimbulkan oleh penggunaan Kapal Isap dalam eksploitasi timah.

Pernyataan dirinya yang sedang “emosi” atas kelakuan para oknum pengusaha yang buruk tersebut¬† kemudian dimuat di salah satu media online lokal.

Ahok dalam pernyataannya yang dirilis ke media tersebut menyebutkan bahwa apa yang disampaikannya kala itu adalah atas dasar masukan dari masyarakat Bangka-Belitung, khususnya para nelayan dan pemerhati lingkungan serta akademisi yang saya temui dalam beberapa kesempatan.

Ahok menyayangkan bahwa apa yang dikatakannya akhirnya perdebatan yang benar-benar tidak substantif dari segelintir oknum masyarakat yang mungkin belum sadar bahaya jangka panjang dari kegiatan pertambangan yang tidak ramah lingkungan seperti ini.

Bahkan Ahok dalam pernyataannya juga menyatakan bahwa apa yang terjadi dalam ekplotasi Timah di daerah pemilihannya itu telah disampaikan kepada  Fraksinya di DPR (Fraksi Golkar), Pimpinan DPR RI, Menteri Lingkungan Hidup serta Menteri Kelautan dan Perikanan mengenai hal ini untuk menunjukkan betapa seriusnya masalah tersebut.

Sampai saat ini BK DPR RI belum melayangkan surat panggilan kepada Sarjana Geologi ini untuk dimintai keterangan atas laporan dari Front Pemuda Babel itu.[Sak]

Berita Terkait :

  1. DPR Bukan Wakil Rakyat Tapi Wakil Parpol !
  2. Pertanggungjawaban ala Ahok
  3. Asiik Man, Uang Saku Anggota DPR Naik!

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment