Tangkap 2 Menteri, Ini Puja-Puji Mahfud MD pada KPK Era Firli

0
62

Petapolitik – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menilai Komisi Pemerintah Korupsi (KPK) di era kepemimpinan Firli Bahuri dan kawan-kawan, lebih baik dibandingkan sebelumnya. Hal tersebut bisa terlihat dari KPK yang berhasil menangkap dua menteri kabinet Indonesia Maju.

“Pada tahun pertama KPK sekarang udah berhasil menangkap dua menteri aktif dan presiden biarkan, tangkap saja kalau salah,” ujar Mahfud dalam diskusi virtual di Twitter, dilansir dari Liputan6 Rabu 29 September 2021.

Adapun KPK menangkap mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan mantan Menteri Sosial Juliari Batubara. Selain itu, Mahfud menyebut KPK juga telah menangkap kepala daerah hingga anggota DPRD yang jumlahnya lebih banyak daripada era sebelumnya di tahun pertama.

“Gubernur ditangkap bupati ditangkap, DPRD ditangkap, semua ini yang kalau di jumlah pada tahun pertama KPK yang dulu dan tahun pertama KPK yang sekarang itu jauh lebih banyak yang sekarang daya tangkapnya,” jelasnya.

Selamatkan Uang Negara

Di sisi lain, kata Mahfud, uang negara yang diselamatkan dari potensi korupsi di masa Ketua KPK Firli Bahuri sebanyak Rp 582 triliun. Dia pun mengapresiasi kinerja KPK era Firli Bahuri.

“Kalau mau bicara jumlah, di Indonesia korupsi terjadi dimana-mana sehingga siapapun jadi KPK kalau mau, bisa nangkap kok dimana aja. Kalau ndak berani nangkap di kantor A, tangkap di kantor b, kalau ndak mau di daerah A di daerah b, pasti banyak kok,” tutur dia.

“Itulah yang ditunjukan KPK sekarang kalau mau jumlah nangkap orang. Oleh sebab itu, ini kadang kala persoalan selera persoalan polisi dan sebagainya. Tapi mari kita perbaiki bersama sama,” sambung Mahfud.

Namun, tak bisa dipungkiri saat ini terjadi perdebatan di KPK karena adanya 57 pegawai yang tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) untuk menjadi ASN. Mahfud menyampaikan bahwa pemerintah menawarkan 57 pegawai tersebut untuk menjadi ASN di Polri.

“Pangkatnya sama dengan teman-teman lain di KPK yang masa kerjanya tiga tahun golongan 4 yang sekian tahun golongan 3D yang seterusnya sama. Nah, itu pemerintah terakhir sikapnya seperti itu,” kata Mahfud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here