Soal Covid-19, Masyarakat Lebih Memilih Medsos Jadi Sumber Berita

0
236
(Foto: Freepik)

Petapolitik – Dewan Pers bersama Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menggelar survei ‘Persepsi Publik Terhadap Pemberitaan Covid-19 di Media’. Hasilnya, 32,4 persen responsen menyebut media sosial menjadi pilihan pertama dalam mencari informasi awal soal Covid-19.

“Dalam temuan ini kami mendapatkan informasi bahwa mayoritas dari pada responden kami memang memilih informasi pertama kali lewat media sosial sebagian besar,” ujar peneliti UMN Albertus Prestianta dalam konferensi pers virtual, Jumat (30/7/2021).

Dilansir dari Tribunnews, responden yang memilih media online sebesar 26 persen dan media televisi sebanyak 24,8 persen.

Jika diteliti lebih mendalam dari sisi usia, generasi milenial dan generasi Z lebih memilih media online untuk informasi Covid-19.

“Sementara untuk generasi untuk distribusi di media online dan televisi, bisa kita lihat di generasi X memang dominannya ada di sana. Sementara untuk untuk baby boomer dominannya di televisi,” kata Albertus.

Total responden dalam survei ini sebanyak 1.109 responden dengan margin error kurang dari 3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Penelitian ini dilakukan selama Mei hingga Juni. Sementara proses pengumpulan data dilakukan pada 6 sampai 29 Mei.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here