Jokowi The King of Lip Service, Poster Mahasiswa UI Adalah Kritikan

0
263
Jokowi The King of Lip Service (Foto : Instagram/@bemui_official)

Petapolitik – Poster “Jokowi The King of Lip Service” yang dibuat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) ramai dibincangkan. Gambar yang diunggah di akun instagram @bemui_official itu hingga saat ini disukai lebih dari 150 ribu warganet.

Wakil Ketua MPR RI, Arsul Sani pun turut menanggapi polemik unggahan kritik dari BEM UI. Bagai dia, apa yang dilakukan oleh para mahasiswa UI itu sebagai bentuk kritikan, bukan hinaan.

“Soal meme BEM UI tersebut hemat saya masih merupakan bagian dari kritik yang wajar terhadap Pemerintahan saat ini,” katanya dilansi dari RMOL.id, Senin (28/6/2021).

“Itu bukan merupakan bentuk penyerangan martabat, kehormatan ataupun penghinaan dan penistaan terhadap Presiden Jokowi,” tegasnya.

Soal dipanggilnya BEM UI oleh pihak rektorat pasca viralnya poster itu, Wakil Ketua Umum PPP ini menekankan sepanjang tidak disertai dengan ancaman sanksi tentu tidak masalah. “Jika mereka dipanggil untuk diminta menjelaskan saja ekspresi dalam bentuk meme, maka ya itu masih merupakan bentuk dari pembinaan bidang kemahasiswaan oleh Rektorat UI,” kata dia.

Sementara, dikutip dari CNN Indonesia, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan pemanggilan BEM UI oleh rektorat buntut kritik Presiden Joko Widodo sebagai The King of Lip Service alias Raja Membual menjadi tanggung jawab internal kampus.

“Segala aktivitas kemahasiswaan di Universitas Indonesia termasuk BEM UI menjadi tanggung jawab Pimpinan Universitas Indonesia,” kata Fadjroel.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin juga menolak berkomentar mengenai polemik tersebut. Menurutnya, persoalan itu seharusnya diselesaikan secara internal kampus.

“Itu sudah dijawab oleh UI, biar lah itu menjadi ranah yang dikomunikasikan secara internal di UI. Namanya juga teman-teman, adek-adek mahasiswa, biar dikomunikasikan internal UI,” kata Ngabalin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here