Jalan Kebon Sirih Diganti Jadi Ali Sadiki, Setuju Enggak?

0
489
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi (Foto : Instagram)

Petapolitik – Nama Jalan Kebon Sirih diusulkan diganti dengan nama mantan Gubernur DKI Ali Sadikin. Usulan tersebut disampaikan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi kepada Gubernur Anies Baswedan.

Sebab menurut Prasetyo, jasa Ali Sadikin membangun Ibu Kota di masa lalu patut dikenang. Pernyataan itu disampaikan Pras, sapaan akrabnya, saat memberi sambutan dalam Rapat Paripurna memperingati Hari Ulang Tahun DKI ke-494 di Gedung DPRD, Selasa 22 Juni 2021.

“Kiranya Saudara Gubernur berkenan pula menerbitkan Peraturan Gubernur guna menetapkan perubahan nama Jalan Kebon Sirih,” kata dia dalam sambutannya.

Penggantian nama Jalan Kebon Sirih yang berada di depan kompleks DPRD itu, bisa dimulai dari perempatan Jalan Abdul Muis sampai perempatan Jalan Menteng Raya, hingga seberang Tugu Patung Tani.

Kemudian, Prasetio juga menyarankan agar nama Ali Sadikin dijadikan nama gedung Blok G Balai Kota DKI Jakarta. Hal ini, sebutnya, demi mengenang jasa-jasa Ali Sadikin selama memimpin DKI pada periode 1966-1977.

mengungkap alasan mengapa nama Ali Sadikin perlu diabadikan. Menurutnya, banyak pencapaian yang hingga kini dirasakan warga Jakarta.

“Jakarta pernah dipimpin oleh seorang gubernur yang menjabat pada periode 1966 sampai 1977 yang bernama Bapak H Ali Sadikin. Pada masa kepemimpinan beliau, banyak keberhasilan yang telah dirasakan oleh masyarakat Jakarta,” ujarnya dikutip dari detik.com.

Diketahui, Ali Sadikin merupakan Gubernur DKI Jakarta yang memimpin pada periode 1966-1977. Ia menjadi gubernur setelah ditunjuk Presiden Soekarno yang kemudian diduetkan dengan Laksamana Muda Udara Raden H. Atje Wiriadinata.

Ali merupakan jenderal purnawirawan TNI yang pernah menjabat sebagai Deputi Kepala Staf Angkatan Laut. Sebelum ditunjuk menjadi gubernur, pangkat terakhir Ali adalah letnan jenderal.

Di era Soekarno, ia pernah menduduki sejumlah jabatan menteri yakni, Menteri Perhubungan Laut dan Menteri Koordinator Kompartemen Maritim/Menteri Perhubungan Laut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here