Relawan Jokowi Masih Terpecah ke Para “Bang Jago”

0
247
Joko Widodo (Foto : Instagram/@jokowi)

Petapolitik – Belum adanya keputusan resmi yang diambil Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait langkah politik para relawannya, diyakini membuat mereka yang berada akar rumput itu masih tersebar, belum fokus pada satu figur.

Direktur Riset Indonesian Presidential Studies (IPS), Arman Salam menyebut para relawan Jokowi masih terbelah mendukung para “Bang Jago”. Bang Jago yang dimaksudnya adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan yang selama ini kerap menduduki elektabilitas tertinggi dalam survei.

“Mereka tersplit kepada para ‘Bang Jago’, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo, sebagai nama papan atas hasil survei,” kata Arman Salam dikutip dari RMOL.id, Jumat (18/6/2021).

Prabowo Subianto (Foto : Instagram/@prabowo)

Diketahui, Jokowi sendiri memang mengaku sudah ada relawannya yang dirangkul untuk mendukung calon tertentu. Namun, dia meyakini masih banyak relawan yang setia menunggu komandonya.

Menurut Arman Salam, pertarungan Pilpres 2024 adalah pertarungan figur. Saat ini publik termasuk para relawan sedang melihat dan menimang, belum terpolarisasi ke calon tertentu.

“Belum ada calon yang sangat kuat sekali, masih rata-rata air. Siapapun berpeluang memenangkan pertarungan,” ucap dia.

Saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Seknas Jokowi, secara virtual, Sabtu (12/6), Presiden Jokowi meminta kelompok relawannya untuk bersabar, tidak tergesa-gesa.

Jokowi mengajak relawan terlebih dahulu mempelajari konstelasi politik dan peta politik terlebih dahulu. Waktunya masih cukup. Sembari membantu pemerintah mengatasi Covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here