PDI Perjuangan Ogah, Ganjar Dalam Pertimbangan Partai Lain

0
88
Ganjar Pranowo

Petapolitik – Ketua Departemen Politik DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nabil Ahmad Fauzi mengatakan, partainya sangat terbuka dengan tokoh luar parpol untuk dijagokan sebagai calon presiden (capres) termasuk nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Seperti diketahui beberapa elit PDI Perjuangan meminta Ganjar untuk maju melalui partai lain kalau ingin menjadi capres, seperti yang disampaikan Wakil Sekretaris Jendral PDI Perjuangan Utut Adianto.

Menurut Utut, hal itu juga telah disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto (Bambang Pacul) akhir Mei lalu, dan ia tak mau mengulang pernyataan Bambang tersebut.

“Kalau itu, dengar pendapat Mas Pacul 25 Mei, hari Selasa. Kalau mau maju dipersilakan dari partai lain. Sudah dijawab sama Mas Pacul. Nggak boleh ngulang lagi,” kata Utut di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (14/6/2021) seperti diberitakan CNN Indonesia.

Adapun PKS seperti dikatakan Nabil, partainya sangat terbuka dengan tokoh luar parpol untuk dijagokan sebagai capres. Ganjar, jadi salah satu nama yang lagi dibidik PKS untuk didekati.

“Beberapa nama figur eksternal memang muncul. Selain Anies Baswedan, juga Ganjar dan AHY,” kata Nabil dalam keterangan tertulisnya seperti dilansir dari Warta Ekonomi.

Nabil menjelaskan, alasan PKS terbuka mengusung capres nonkader karena tiga pertimbangan. Pertama, koalisi partai pengusung memenuhi ambang batas pencalonan presiden. Kedua, tingkat keterpilihan capres-cawapres. Selain itu, PKS mensyaratkan kesepakatan antarpartai pengusung calon.

“Kami masih membuka pintu untuk dialog dengan tokoh mana pun. PKS belum menutup pintu bagi tokoh yang ingin didukung di Pilpres 2024,” ujarnya.

Menurut hasil survei dari Survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) elektabilitas Ganjar termasuk yang tertinggi.

Dari 42 nama kandidat yang muncul dalam pertanyaan semi terbuka, Ganjar bersaing ketat dengan Anies Baswedan yang elektabilitasnya sebesar 12 persen. Adapun sosok Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertengger di posisi pertama dengan elektabilitas 21,5 persen.

Survei dari SMRC digelar pada 21-28 Mei 2021 dengan melibatkan 1.072 responden yang diwawancarai secara tatap muka. Metode penarikan sample adalah multistage random sampling. Margin of error survei sebesar 3,05 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. [*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here