Relawan Ganjar Unjuk Gigi, Deklarasi di 14 Daerah Sekaligus

0
153
Ganjar Pranowo (Foto : jatengpemprov.go.id)

Petapolitik – Relawan Ganjar Pranowo memilih nama “Ganjarist” sebagai bentuk dukungan mereka untuk idolanya agar maju di Pilpres 2024. Tak tanggung-tanggung, mereka pun serentak mendeklarasikan diri di 14 daerah.

“Sebanyak 14 daerah serentak melakukan deklarasi ‘Ganjarist’ pada 1 Juli 2021 ini,” kata Ketua Umum Ganjarist Nasional Mazdjo Pray dalam keterangan tertulis dilansir dari Antaranews, Kamis (1/7/2021).

Ia menjelaskan, 14 daerah ini menambah jumlah daerah-daerah lain yang sudah memantapkan diri untuk memberi dukungan kepada Ganjar Pranowo.

Menurut dia, deklarasi bersamaan ke 14 daerah ini setelah melalui persiapan matang sebelumnya. Pihaknya telah menyusun semacam standar operasional prosedur (SOP) untuk daerah-daerah yang ingin bergabung dengan Ganjarist.

“Fokus kami saat ini merapikan sistem organisasi dan memperluas basis dukungan di berbagai daerah,” katanya.

Menurut dia, antusiasme publik sangat tinggi, terbukti dengan permintaan pembentukan Ganjarist di seluruh Indonesia.

“Bahkan dari luar negeri,” ujar Mazdjo Pray.

Sampai saat ini, kata dia, ada 27 Ganjarist level provinsi yang masih dalam proses verifikasi untuk mendeklarasikan gerakan Ganjarist di wilayahnya.

Sedangkan pada level kabupaten/kota, setidaknya ada ratusan relawan daerah yang sedang diproses untuk segera mendeklarasikan diri.

“Nah, ke-14 daerah yang deklarasi ini telah lolos verifikasi. Mereka mendeklarasikan Ganjarist sesuai SOP yang telah kami buat,” ujarnya.

Ia menyebutkan, kota dan kabupaten yang mendeklarasikan dukungan tersebut, antara lain Jakarta Utara, Depok, Pekanbaru, Klaten, Madiun, Magetan, Jakarta Pusat, Nganjuk, Kediri, Jombang, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Lampung, Jakarta Selatan, Bogor Raya, Kediri, dan Solo Raya.

“Kami tidak mau sembarangan terima permintaan pembentukan Ganjarist di berbagai daerah. Kami lakukan verifikasi yang ketat. Menyamakan persepsi dan langkah agar roda organisasi berjalan lebih efektif,” katanya pula.

Saat ini Ganjarist telah berdiri di 54 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Jumlah itu di luar 14 daerah yang baru mendeklarasikan diri.

Ia menyebutkan, salah satu tugas para pengurus Ganjarist di kabupaten/kota ini adalah menginisiasi pembentukan Ganjarist tingkat kecamatan dan kelurahan.

“Semuanya untuk memperkenalkan kinerja dan sosok Ganjar Pranowo kepada masyarakat yang lebih luas,” ujar Mazdjo Pray.

Setelah deklarasi Ganjarist di Jakarta sebulan lalu, kata Mazdjo, telah menjadi inspirasi tumbuhnya berbagai kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo, seperti Teman Ganjar, Seduluran Ganjar Pranowo, GP-Mania, DAG, dan banyak lagi yang lain.

“Menurut catatan kami sampai saat ini ada 36 relawan pendukung Ganjar Pranowo yang terbentuk,” katanya lagi.

Wakil Ketua Ganjarist Kris Chantra menyebutkan, organisasinya berupaya membangun komunikasi dengan organ relawan pendukung Ganjar lainnya.

“Tujuan kami sama. Harapan kami sama. Karena itulah kami saling bekerja sama,” ujarnya pula.

Ganjarist saat ini mulai menggelar berbagai kegiatan. Dalam masa pandemi ini, tim relawan Ganjarist menerjemahkan gaya Ganjar di Jawa Tengah untuk terus-menerus memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang bahayanya COVID-19.

Ganjarist membentuk tim-tim kecil berjalan dari kampung ke kampung, ke pasar, ke tempat umum untuk mengingatkan masyarakat agar memakai masker dan menjalankan protokol kesehatan.

“Kami melihat Pak Ganjar tidak pernah lelah melakukan ini. Kami membawa semangat Pak Ganjar untuk langsung bekerja buat kepentingan masyarakat,” katanya pula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here