Wed, 2 January 2013

PetaPolitik.Com – Indonesian Corruption Watch (ICW) dan koalisi pendidikan menyoroti kasus korupsi yang terjadi sepanjang tahun 2012. Dari catatan ICW dan koalisi pendidikan, korupsi di dunia pendidikan yang paling menyita perhatian publik adalah kasus Angelina Sondakh.

“Salah satu kasus yang mencuat adalah kasus Angelina Sondakh yang mencederai dunia pendidikan Indonesia. Di mana penyalahgunaan atau penyelewengan anggaran pada beberapa proyek di Perguruan Tinggi Negeri,” ujar peneliti ICW divisi monitoring pelayanan publik, Siti Juliantari Rachman di kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (2/1).

Menurut Siti, selama kurun waktu 2012 terjadi 40 kasus korupsi di dunia pendidikan dengan kerugian negara mencapai Rp 138,975 miliar. Dari 40 kasus korupsi tersebut paling banyak terjadi di Dinas Pendidikan.

“Paling banyak kasus terjadi di Dinas Pendidikan dengan 20 kasus dan nilai kerugian negara mencapai Rp 44,850 miliar,” terangnya.

Korupsi di dunia pendidikan juga terjadi di DPRD dengan satu kasus dan kerugian Rp 2 miliar, lalu di Kanwil dua kasus dengan kerugian Rp 6 miliar, perguruan tinggi 9 kasus dengan nilai kerugian Rp 92,300 miliar dan di sekolah terjadi 8 kasus korupsi dengan kerugian Rp 1,070 miliar.

“Di tahun 2012, jika dilihat kasus korupsi di bidang pendidikan terjadi di level terendah hingga tertinggi. Ini yang membuat kami prihatin,” imbuhnya.[mer/bnt]

Berita Terkait :

  1. Angie Sebut Nazaruddin Terjahat di Dunia
  2. Ditanya Iklan Korupsi, Angie Jawab Tidak Tahu
  3. Angie Yakin Rekening yang Diblokir KPK tak Terkait Korupsi

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment