Thu, 29 November 2012

PetaPolitik.Com – Peran Angelina Sondakh yang didakwa korupsi karena menggiring anggaran pada Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Pemuda dan Olahraga diungkap lewat kesaksian bekas Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin.

Dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat, Kamis (29/11), Nazar mengatakan Angelina menerima uang Rp 9 miliar dari Paul Nelwan terkait proyek Wisma Atlet di kompleks Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, yang menjadi venue SEA Games tahun lalu.

Angelina mengaku hal itu kepada Nazaruddin yang bertempat di ruang Gede Pasek Suardika, koleganya di Partai Demokrat. Mulanya, sejumlah kader Demokrat yang hadir ada Benny Kabur Harman, Ruhut Sitompul, Edi Sitanggang, dirinya dan Angelina. Lalu tinggal lah Nazaruddin dan Angelina.

“Saya tanya bagaimana ceritanya. ‘Saya tidak tahu soal Wisma Atlit,’ begitu kata Bu Angie. Tapi ada uang Rp 9 miliar yang saya tidak tahu. Uang itu kemudian diserahkan untuk Mirwan Amir,” ucap Nazaruddin sambil menambahkan saat itu Tim Pencari Fakta belum dibentuk Partai Demokrat.

Pembentukan TPF Partai Demokrat menyusul penangkapan penyidik KPK terhadap Mindo Rosalina Manullang dan Sesmenpora Wafid Muharam terkait pembangunan Wisma Atlet. Kepada TPF ini, Angelina mengulangi cerita yang ia sampaikan kepada Nazaruddin.

Saat itu, Mirwan yang mendengar pengakuan Angelina membela diri, bahwa uang Rp 9 miliar tak dinikmatinya sendiri. Melainkan uang itu mengalir ke anggota lain seperti Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum, mantan Ketua Fraksi Demokrat Jafar Hafsah, dan mantan Ketua Komisi X DPR, Mahyuddin.

Angelina, Nazaruddin menjelaskan, sampai melontarkan ucapan agar Mahyudin ikut bertanggung jawab karena menerima bagian uang dari total Rp 9 miliar. Bahkan, Jafar juga akui terima uang itu namun tak tahu tahu kalau uang yang digunakan membeli Land Cruiser untuk anaknya dari Wisma Atlet.

“Iya Dinda (Angelina), memang Abang terima tapi tidak tahu uang itu uang proyek,” ungkap Jafar, seperti ditirukan Nazaruddin. Dalam hal ini Jafar mengaku kebagian uang sebesar Rp 1 miliar, Olly Dodo Kambe sebesar Rp 1,5 miliar, Nazaruddin sebesar Rp 1,5 miliar, politisi Golkar, Melkias Mekeng.

Karena nama Anas diungkap Angelina, Nazaruddin kemudian mengonfirmasi hal tersebut kepadanya lewat sambungan telepon. Tak dinyana, Anas mengakui menerima uang Rp 2 miliar dari total uang yang dikirim Paul lewat Angelina sebesar Rp 9 miliar.[trb/bnt]

Berita Terkait :

  1. KPK tak Pernah Periksa Angie Terkait Wisma Atlet
  2. Demokrat: Angie Bantah Terima Uang dari Rosa
  3. Waks, Anas Disebut Terima Rp 105 Miliar untuk Pemenangan Dirinya

Tags

 

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment